Bagian A
Teori game atau permainan adalah suatu cara belajar
yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun
perorangan yang menunjukkan strategi-strategi yang rasional. Teori permainan
pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944. Teori
itu dikemukakan oleh John von Neumann and Oskar Morgenstern.
Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui
barang-barang, benda-benda atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia
untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya didalam dunia. Hal mana
juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni menusia. Dari
sini muncul istilah teknologi yang
berarti ilmu yang mempelajari tentang techne manusia. Teknologi sebenarnya
lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat lain. Teknologi bahkan telah
menjadi suatu sisyem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia.
Teknologi juga membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.
Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan
dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang.
Dan yang kedua adalah pengertian dari Game. Game
adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game
berarti hiburan. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan
intelektual (intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan
ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa teknologi game
adalah proses baik berupa yang dilakukan system atau perangkat keras yang
dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan dan mendukung kinerja dari game.
Bagian B
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring
dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat
menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan
solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat
didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis
karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang.
Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya,
karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung
internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini
identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang
disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil
hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan
tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya,
membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Game/permainan adalah sesuatu yang sangat digemari
oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti “hiburan”. Permainan game juga
merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual
playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan
aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan
intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik
untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa waktu lalu istilah “game” yang dalam bahasa
Indonesia adalah “permainan” identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat
menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran,
kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan
sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang
terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Saat ini perkembangan games di komputer sangat
cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang
lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat
perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar
permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara
untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Bagian C
Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak
(software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game.
Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan
di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I,
dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari
seluruh aspek sebuah game.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk
bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti
Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan
oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D
grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script,
animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading,
dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering
dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk
menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian
besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah
bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk
memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX.
Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan
untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang
sama.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar