kelebihan dan kekurangan dari internet

on Minggu, 11 Oktober 2015
Kelebihan
-          Informasi
Dalam internet tidak untuk mencari kesenangan tetapi dalam internet kita dapat mencari layanan infomasi yang sangat banyak sekali, mulai dari berbagai macam berita acara seperti kompas.com, yahoo.com, viva news dsb. mulai dari informasi pendidikan yang terjadi di sebuah tempat akan lebih mudah dalam mengaksesnya dan semuanya tersedia di internet.
-          Edukasi
Pada internet Banyak sekali Pendidikan yang bisa didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb. Dalam internet kita dapat membuat seseorang menjadi cerdas jika digunakan untuk mencari pendidikan yang positif, dan juga sebaliknya internet dapat membuat seseorang bodoh jika digunakan untuk mencari hal-hal negatif dalam mencari pendidikan via internet.
-          Sarana Komunikasi
Jika dibandingkan dengan alat  komunikasi canggih abad ini, internet adalah sarana komunikasi paling murah dengan efektifitas cukup tinggi. Bahkan kita tidak harus merogoh ribuan dollar untuk berkomunikasi dengan keluarga di luar negeri dengan mengunakan via handphone, dengan mengunakan internet kita hanya butuh uang receh. Bisa komunikasi suara, teks bahkan video live.
-          Sebagai alat bantu dalam mengajar
Pada jaman yang sudah canggih ini internet dapat mempermudah kita dalam belajar dan juga internet sangat membantu kita dalam belajar. Dan juga kita tidak perlu susah payah mencari informasi yang ada di buku secara satu persatu.
-          Hiburan
Teknologi internet memberikan banyak kemudahan untuk pengguna nya dalam menikmati hiburan , diantaranya adalah situs Game Online. dengan situs ini pamakai bisa bermain game secara universal dengan seluruh pemain lain didunia. Dan juga dapat menghilangkan kejenuhan pengguna nya dan bisa mengasah kemampuan berstrategi dalam berpikir.
Kekurangan
-          Virus
Virus adalah salah satu masalah yang juga tak kalah internet juga memiliki risiko terkena virus komputer yang mudah menyebar lewat jaringan Internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang di-download. virus ini biasanya merusak sistem komputer dan tidak jarang komputer tersebut rusak.
-          Informasi palsu
Dalam internet ada banyak milyaran informasi pada dunia maya, namun kita harus bijak dalam memilah milih informasi tersebut dengan klarifikasi ke situs-situs lain karena bisa saja informasi yang Anda anggap benar tersebut adalah palsu belaka.
-          Pengaksesan situs - situs yang tidak baik
Pada internet juga kita dapat mengakses situs yang tidak baik dalam hal ini kita yang masih memiliki seseorang anak yang masih kecil sebaiknya harus diawasai dalam mengunakan internet karena juga kita tidak mengawasinya mereka akan bebas dalam mengunakan internet dan membahayakan.
-          Privasi
Dalam hal ini kita dapat menaruh hal-hal penting dalam internet. privasi yang terpublikasi tanpa tedeng aling-aling dengan cepat menyebar dan menjalar ke seluruh publik yang ujung-ujungnya merugikan semua pihak.
-          Pengawasan hokum yang lemah
Kebijakan atas nama perlindungan karya ini tidak mampu membendung pelanggaran hak cipta. Pengawasan hukum pun masih sangat lemah karena belum adanya kesepatakan dan kesepahaman antar pengguna Internet tentang kebebasan.
Referensi :
Buku :
Edy, Winarno ST, M.Eng, Ali Zaki, SmitDev Comunity.2015. Panduan Lengkap Internet.  Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI

0 komentar:

Posting Komentar