Pengertian
Visibility merupakan tampilan grafik
scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik
dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut.Biasanya pada video game
terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh
dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan
berupa efek cahaya, bayangan dan sebagainya
yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya
gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara
horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori
grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game
lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Game bertipe ini menggunakan
2 macam tipe pemodelan:
3D (3 Dimensi) object/model, ini merupakan
model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan,
object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object
3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya,
Hash, dan Blender.
2D (2 Dimensi) graphic, Gambar 2D juga
berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai
latar belakang seperti langit dan
pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game
racing.
Kegunaan 2.5D dalam game adalah
sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe, double dragon, path finding yang
biasanya cukup sederhana. Hal ini berguna untuk mengikuti posisi pemain dan
agar game lebih 'hidup'. Pada video game, biasanya scene 2.5D ini lebih
digunakan dalam visualisasi geografis (GVIS) untuk membantu memahami
representasi visual spasial-kognitif atau visualisasi 3D.
0 komentar:
Posting Komentar